Ini Beda 3 Logam Merah : Copper, Brass, Bronze

Perbedaan Copper, Brass dan Bronze

Copper

Ini Beda 3 Logam Merah : Copper, Brass, Bronze Perbedaan Copper, Brass dan Bronze Copper

Ini Beda 3 Logam Merah : Copper, Brass, Bronze Perbedaan Copper, Brass dan Bronze Copper
Ini Beda 3 Logam Merah : Copper, Brass, Bronze Perbedaan Copper, Brass dan Bronze Copper
Ini Beda 3 Logam Merah : Copper, Brass, Bronze Perbedaan Copper, Brass dan Bronze Copper

stainless steel jakarta,jual aluminium lembaran,jual aluminium bar,bronze jakarta,jual bronze,jual conveyor,insulating varnish,selang ac terbaik,jual pipa tembaga,jual pipa ac,jual plat tembaga,jual cucrzr,jual pvc lembaran,jual teflon ptfe,selang hidrolik industri,selang ac mobil

Ini Beda 3 Logam Merah : Copper, Brass, Bronze

Ini Beda 3 Logam Merah : Copper, Brass, Bronze

Tembaga, Kuningan, dan Perunggu, atau dikenal sebagai "Logam Merah", mungkin terlihat sama awalnya namun sebenarnya sangat berbeda.


 

1. TEMBAGA

Tembaga digunakan dalam berbagai macam produk karena konduktivitas listrik dan panasnya yang sangat baik, kekuatannya yang baik, kemampuan formabilitas yang baik dan ketahanan terhadap korosi. Pipa dan alat kelengkapan pipa biasanya dibuat menggunakan logam-logam ini karena ketahanan korosi mereka. Mereka dapat dengan mudah disolder dan di-brazing, dan dapat dilas dengan berbagai metode seperti gas, busur, dan hambatan. Mereka dapat dipoles dan digosok sampai hampir sesuai tekstur dan kilau yang diinginkan.

 

Ada nilai Tembaga yang tidak disukai, dan warnanya yang bervariasi tergantung pada jumlah zat pengotor yang terkandung di dalamnya. Tembaga bebas oksigen digunakan secara khusus dalam peralatan tertentu di mana konduktivitas dan daktilitas yang tinggi dibutuhkan.

Salah satu sifat terpenting tembaga adalah kemampuannya melawan bakteri. Setelah pengujian antimikroba ekstensif yang dilakukan oleh Environmental Protection Agency, ditemukan bahwa 355 jenis paduan tembaga, termasuk banyak kuningan, ditemukan mampu membunuh lebih dari 99,9% bakteri dalam waktu dua jam setelah kontak.

 

 

Aplikasi Tembaga

Tembaga adalah salah satu logam paling awal yang ditemukan. Orang-orang Yunani dan Romawi berhasil membuat alat atau hiasan, dan bahkan ada rincian historis yang menunjukkan penggunaan tembaga untuk mensterilkan luka dan memurnikan air minum. Saat ini penggunaan tembaga paling banyak ditemukan pada bahan listrik seperti kabel karena kemampuannya yang sangat efektif dalam menghantarkan arus listrik.

 

 

2. KUNINGAN

Kuningan yang paling umum, merupakan paduan yang terdiri dari tembaga dengan seng. Kuningan dapat memiliki jumlah seng atau unsur lain yang bervariasi. Berbagai campuran ini menghasilkan berbagai macam sifat dan variasi warna. Jumlah seng yang meningkat memberi bahan dengan kekuatan dan keuletan yang lebih baik. Kuningan dapat berkisar dalam warna dari merah ke kuning tergantung pada jumlah seng ditambahkan ke dalam paduan.

 

Jika kandungan seng dari kuningan berkisar antara 32% sampai 39%, maka akan meningkatkan kemampuan kerja kuningan di lingkungan yang panas, namun kemampuannya menurun atau terbatas ketika berada di lingkungan yang dingin.

Jika kuningan mengandung lebih dari 39% seng (contoh - Muntz Metal), maka akan memiliki kekuatan yang lebih tinggi dan keuletan yang lebih rendah (pada suhu kamar).

 

aAplikasi Kuningan

Kuningan biasanya digunakan untuk keperluan dekoratif terutama karena kemiripannya dengan emas. Ini juga biasa digunakan untuk membuat alat musik karena kemampuan dan daya tahannya yang tinggi.

 

bPaduan Kuningan Lainnya

Timah kuningan adalah paduan yang mengandung tembaga, seng dan timah. Kelompok paduan ini akan mencakup kuningan admiralty, kuningan laut, dan kuningan mesin bebas. Timah ditambahkan untuk menghambat dezifikasi (pencucian seng dari paduan kuningan) di banyak lingkungan. Kelompok ini memiliki sensitivitas rendah terhadap dezinkifikasi, kekuatan sedang, ketahanan korosi atmosfir dan berair tinggi dan konduktivitas listrik yang sangat baik. Mereka memiliki kemampuan tahan panas yang baik dan kemampuan formulasi dingin yang baik. Paduan ini biasanya digunakan untuk membuat pengencang, perangkat keras laut, bagian mesin sekrup, poros pompa dan produk mekanis yang tahan terhadap korosi.

 

 

3. PERUNGGU

Perunggu adalah paduan yang terutama terdiri dari tembaga dengan penambahan bahan lainnya. Dalam kebanyakan kasus, bahan yang ditambahkan biasanya timah. Walaupun demikian unsur kimia arsen, fosfor, aluminium, mangan, dan silikon juga dapat digunakan untuk menghasilkan sifat yang berbeda dalam bahan perunggu. Semua bahan ini menghasilkan paduan yang jauh lebih sulit daripada tembaga murni.

 

Perunggu ditandai dengan warnanya ang nampak kusam-emas. Anda juga bisa membedakan antara perunggu dan kuningan karena perunggu akan memiliki cincin samar di permukaannya.

 

aAplikasi Perunggu

Perunggu digunakan dalam konstruksi patung, alat musik, medali, dan dalam aplikasi industri seperti bantalan, di mana logamnya tahan terhadap gesekan. Perunggu juga memiliki aplikasi bahari karena ketahanannya terhadap korosi.

 

bPaduan Perunggu Lainnya

Perunggu Fosfor (atau Perunggu Timah)

Paduan Perunggu fosfor biasanya memiliki kandungan timah berkisar antara 0,5% sampai 1,0%, dan kisaran fosfor 0,01% sampai 0,35%. Paduan ini terkenal karena ketangguhan, kekuatan, koefisien gesek yang rendah, ketahanan lelah tinggi, dan memiliki butiran halus. Kandungan timah yang dimiliki dapat meningkatkan ketahanan korosi dan kekuatan tarik, sementara kandungan fosfor yanh dimiliki mampu meningkatkan ketahanan aus dan kekakuan. Beberapa tipikal penggunaan akhir untuk produk ini adalah produk listrik, bellow, pegas, mesin cuci, dan peralatan lainnya yang tahan korosi.


 

Perunggu aluminium

Paduan perunggu aluminium memiliki kandungan aluminium 6% - 12%, kandungan besi 6% (max), dan kandungan nikel 6% (max). Unsur-unsur aditif dalam campuran ini memberikan kekuatan yang meningkat, dikombinasikan dengan ketahanan yang sangat baik terhadap korosi dan keausan. Bahan ini biasa digunakan dalam pembuatan perangkat keras laut, bantalan lengan dan pompa atau katup yang menangani cairan korosif.


 

Perunggu Silikon

Paduan perunggu silikon merupakan paduan yang bisa menutupi kuningan dan perunggu (kuningan silikon merah dan perunggu silikon merah). Mereka biasanya mengandung seng 20% ??dan silikon 6%. Kuningan merah memiliki kekuatan tinggi dan tahan korosi dan umumnya digunakan untuk batang katup. Perunggu merah sangat mirip namun memiliki konsentrasi seng lebih rendah. Hal ini biasa digunakan dalam pembuatan komponen pompa dan katup.


 

Nikel Kuningan (atau Nikel Perak)

Paduan nikel kuningan adalah paduan yang mengandung tembaga, nikel dan seng. Nikel memberikan bahan paduan memiliki penampilan hampir perak. Bahan ini memiliki kekuatan sedang dan ketahanan terhadap korosi yang cukup baik. Bahan ini biasanya digunakan untuk membuat alat musik, peralatan makanan dan minuman, peralatan optik, dan barang-barang lainnya dimana nilai estetika merupakan faktor penting.

 

Tembaga Nikel (atau Cupronikel)

Paduan tembaga nikel adalah paduan yang mengandung sekitar 2% sampai 30% nikel. Bahan ini memiliki ketahanan korosi yang sangat tinggi dan memiliki stabilitas termal. Bahan ini juga menunjukkan toleransi yang sangat tinggi terhadap retak korosi akibat stres dan oksidasi di lingkungan uap atau lembab. Kandungan nikel yang lebih tinggi dalam material ini akan meningkatkan ketahanan korosi pada air laut, dan ketahanan terhadap biolek biologis laut. Bahan ini biasanya digunakan dalam pembuatan produk elektronik, peralatan kelautan, katup, pompa, dan lambung kapal.

 

Share this Post:

Related Posts :

0 Comments

Leave a Comment

stainless steel jakarta,jual aluminium lembaran,jual aluminium bar,bronze jakarta,jual bronze,jual conveyor,insulating varnish,selang ac terbaik,jual pipa tembaga,jual pipa ac,jual plat tembaga,jual cucrzr,jual pvc lembaran,jual teflon ptfe,selang hidrolik industri,selang ac mobil