Copper Alloys

Copper Alloys

Tembaga mempunyai warna merah khas yang membuatnya mudah dikenali. Tembaga adalah logam transisi yang memiliki banyak kegunaan penting dalam kehidupan masyarakat modern.Fungsi utamanya adalah sebagai unsur peralatan listrik yang menggunakan kabel tembaga. Tembaga pertama kali dikenal oleh manusia lebih dari 10.0000 tahun yang lalu. Ketersedian tembaga dalam kerak bumi diperkirakan sekitar 70 bagian per juta, yang berarti elemen ini menempati peringkat keempat teratas diantara elemen yang ada dalam kerak bumi. Tembaga merupakan logam yang kuat dan tidak mudah retak, sehingga mudah dibentuk menjadi kawat,pipa, dan lembaran.

Tembaga pertama kali digunakan sebagai bahan dasar koin dan ornament pada 8000 SM.Tembaga sangat penting dalam pola makan manusia. Tembaga telah terbukti membantu menetralkan radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan parah pada sel manusia.Tembaga mudah dicetak dan dibentuk, tahan terhadapn korosi dan dikenal sebagai penghantar panas atau penghantar listrik yang efisien. Oleh karena itu tembaga sangat penting bagi kehidupan manusia seperti pada aplikasi rumah tangga, industri, dan teknologi tinggi. Saat ini tembaga digunakan dalam bidang konstruksi bangunan, pembangkit listrik dan transmisi,industri pengolahan elektronik, dan industri pembangunan transportasi. Kabel dan pipa tembaga adalah begian integral dari sistem pemanas dan pendingin, serta jaringan telekomunikasi yang sering digunakan dalam rumah maupun bisnis. Tembaga merupakan komponen penting dalam motor, kabel, radiator, konektor, rem yang digunakan dalam mobil dan truck.

Salah satu pengaplikasian tembaga yang terbaru adalah pemanfaatannya pada permukaan benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, dimana sifat antimikroba tembaga dapat mengurangi prpindahan kuman dan penyakit.